Bangun Zona Integritas, Kemenkum Malut Permudah Pelayanan Masyarakat
Ternate- Masyarakat semakin merasakan kemudahan pelayanan publik yang diberikan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum (Kemenkum) Maluku Utara (Malut) sebagai bagian dari pembangunan zona integritas.
Kakanwil Kemenkum Malut, Budi Argap Situngkir mendorong jajarannya untuk memberikan pelayanan yang cepat, mudah, transparan dan akuntabel. Baik dalam pelayanan bantuan hukum gratis kepada masyarakat kurang mampu, kekayaan intelektual, administrasi hukum umum, dan harmonisasi peraturan perundang-undangan.
“Sebagai bentuk komitmen bersama dalam pembangunan zona integritas (ZI) menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM), Kanwil Kementerian Hukum Maluku Utara akan terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ujar Argap saat membuka kegiatan Sosialisasi Pembangunan ZI WBK/WBBM di aula Gamalama Kanwil, Senin (27/10/2025).
Capaian predikat WBK yang telah diraih Kanwil Kemenkum Malut, ungkap Argap sepatutnya diikuti peningkatan pelayanan kualitas publik yang prima, bebas dari pungutan liar dan gratifikasi. Kemudahan pelayanan publik diawali dari sikap dan perilaku melayani dari seluruh pegawai, seperti formula 5S: senyum, salam, sapa, sopan, dan santun.
“Predikat WBK ini diikuti dengan pemberian insentif sebagai bentuk penghargaan kepada komitmen jajaran. Terlebih tahun depan Kanwil Kemenkum Malut akan menempati gedung baru dengan sarpras penunjang pelayanan yang lengkap. Mari bersama meningkatkan pelayanan ramah, informatif dan sebaik mungkin kepada siapa pun,” kata Argap.
Adapun rata-rata hasil survei kualitas pelayanan masyarakat Kanwil Kemenkum Malut per Oktober 2025 yakni “sangat baik”. Indikator survei di antaranya meliputi kecepatan pelayanan, kejelasan informasi dari petugas pelayanan, pelayanan yang bebas dari pungli dan gratifikasi, sampai penyelesaian pelayanan dari petugas.
Plt. Kepala Bagian Tata Usaha dan Umum, Irwan Kadir menambahkan bahwa tahun depan Kanwil Kemenkum Malut akan mengikuti kontestasi meraih predikat WBBM. Ia mendorong agar peningkatan sarpras layanan di gedung baru Kanwil harus berbarengan dengan kesiapan data dukung, pola perilaku, dan budaya kerja melayani dan berorientasi kinerja.
Sementara itu, Regional Business Control Manager Bank Syariah Indonesia (BSI) Ternate, Aminuddin Idrus selaku narasumber menyampaikan materi bertajuk Service Excellent menyampaikan tidak ada pekerjaan yang lebih mulia di dunia ini selain melayani orang lain.
“Prinsip dari dari konsep melayani yaitu membantu dan menolong, memenuhi kebutuhan pengguna layanan, dan melampaui harapan pengguna layanan. Ini penting sebagai bagian membangun zona integritas di lingkupan instansi pemerintahan,” ungkapnya.
Join channel telegram websitekami.com agar tidak ketinggalan berita loker terbaru lainnya
Join now





